Kunjungan Tim Bina Iman Anak (BIA) Paroki Santa Monika (27 Januari 2018)

Pada tanggal 27 Januari 2018, DKM Saifillah menerima kunjungan dari Tim Bina Iman Anak (BIA) Paroki Santa Monika, yang terdiri dari 3 orang pendamping dan sekitar 15 anak. Kunjungan ini merupakan permohonan dari Tim BIA, sebagai bagian dari program kerja Keuskupan Agung Jakarta. DKM Saifillah menerima dan menyambut baik permohonan ini, dengan harapan dapat lebih menjelaskan tentang fungsi masjid bagi kaum muslimin kepada umat non-muslim dan sekaligus menjelaskan tentang sebagian tatacara ibadah islam secara langsung kepada anak-anak binaan gereja.

2018-01-27-PHOTO-00005311

Acara dimulai dengan pembukaan dari Ustadz Basthoh Lc, sebagai contoh adab yang baik dari ahli bait, dan kemudian dilanjutkan dengan tur dalam masjid. Ustadz Basthoh Lc menjelaskan apa fungsi mimbar, tatacara pelaksanaan ibadah kewajiban sholat (menutup tutup aurat, memisahkan tempat pria dan wanita, dll) dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak.

2018-01-27-PHOTO-00005309

Tur dilanjutkan ke tempat wudhu, anak-anak Saifillah mempraktekkan tata cara berwudhu sambil dijelaskan oleh Ust Basthoh Lc dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung cukup seru, dengan berbagai pertanyaan dari anak-anak maupun pendamping dari gereja diantaranya :

-Berapa kali sholatnya sehari

-Kenapa alqur’an hanya berbahasa arab

-Kenapa harus berwudhu

-Kenapa gak boleh bersentuhan dg non mahram

-Apa itu TPA

-Kenapa adzan itu sering banget

-Kenapa banyak org yg minta sumbangan dipinggir jalan utk masjid

-Kenapa masjid itu ada yg disebut masjid NU dan masjid Muhammadyah

-Siapa itu Nabi Muhammad SAW

Alhamdulillah semua pertanyaan dijawab dgn baik oleh Ustadz Basthoh Lc, dengan bahasa penjelasan yang sangat logis bagi pihak yang awam.

Setelah sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan games anak-anak di dalam masjid, hal ini bertujuan memberi pemahaman bahwa dalam islam, masjid adalah tempat yang sangat terbuka bagi anak-anak, sesuai dengan salah satu visi DKM untuk menjadikan Masjid Saifillah menjadi masjid ramah anak.  Alhamdulillah nilai aqidah yang tertanam oleh anak-anak Saifillah cukup bagus, salah satunya mereka tidak mau perpasangan games dengan lawan jenis meskipun anaknya jauh lebih kecil.

2018-01-27-PHOTO-00005310

Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dan dilakukan penyerahan goodie bag dari perwakilan anak – anak Saifilah untuk anak-anak gereja.

Semoga kegiatan ini dapat menambah pemahaman positif umat kristiani tentang islam dan dapat menjadi pintu hidayah bagi semua kita semua, amiin ya rabbal alamiin.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s